7 Khasiat dan Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Khasiat Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Daun mint sering kali dijadikan sebagai bahan produk, hiasan makanan hingga bumbu untuk masakan. Namun apakah sobat tahu, jika ternyata daun mint juga menyimpan berbagai manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan?

Faktanya, daun mint sudah sangat umum digunakan dalam dunia obat herbal karena manfaat dan khasiat yang dimilikinya. Hal ini disebabkan karena daun tanaman herbal dari genus mentha (mint) ini memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan. Tanaman mint sendiri memiliki banyak jenis, sekitar 20 spesies dimana termasuk diantaranya adalah peppermint dan spearmint.

Kandungan Daun Mint

Pada umumnya, daun mint mempunyai aroma yang khas menyegarkan dengan rasa yang pedas. Daun mint diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi serta berbagai nutrisi. Setiap dua sendok makan daun peppermint segar memiliki kandungan sebagai berikut:

  • 2 kalori
  • 0,48 gram karbohidrat
  • 0,03 gram lemak
  • 0,12 gram protein
  • 0,30 gram serat

Sementara itu, setiap 14 gram daun spearmint memiliki kandungan yang terdiri dari:

  • 6 kalori
  • 1 gram serat
  • 9% zat besi
  • 8% mangan
  • 4% folat
  • 12% vitamin A

Manfaat dan Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan

Berbagai khasiat dan manfaat daun mint yang banyak dipercaya secara umum antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengandung Vitamin dan Mineral yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang telah disebutkan di depan, kandungan daun mint segar terdiri dari berbagai vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya saja, kandungan zat besi pada daun mint yang membantu tubuh dalam membentuk sel darah merah. Kemudian ada vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Santan bagi Kesehatan yang Banyak Orang Belum Tahu

2. Membantu Mencegah Kanker

Daun mint kaya akan kandungan antioksidan kuat yang turut membantu dalam melindungi tubuh dari stres oksidatif, yakni kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, daun peppermint juga mengandung antioksidan alkohol perillyl yang dipercaya dapat menghentikan pembentukan atau penyebaran kanker.

3. Menghilangkan Bau Mulut

Sobat punya masalah bau mulut yang cukup mengganggu? Hmm.., jangan cemas karena dengan mengunyah daun mint segar, ternyata dapat menghilangkan bau mulut, loh. Bahkan mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau mulit itu sendiri.

4. Baik untuk Pencernaan

Daun mint baik untuk kesehatan pencernaan, kok bisa sih? Iya, karena daun peppermint bersifat karminatif yang dapat membantu dalam mengurangi perut bergas dan gejala-gejala gangguan saluran pencernaan lainnya.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Konon katanya, dengan menghirup aroma minyak daun mint akan dapat meningkatkan kewaspadaan, menurunkan tingkat stres dan kecemasan, serta meningkatkan fungsi otak.

Simak Juga: Gaya Hidup Vegan Membuat Tidur Lebih Lelap dan Berkualitas

6. Mengurangi Nyeri Puting Karena Menyusui

Apakah sobat termasuk seorang yang sedang masa menyusui? Mungkin puting sobat pernah mengalami lecet saat menyusui hingga terasa nyeri. Jangan khawatir sobat, karena masalah tersebut bisa diatasi dengan mengoleskan air daun mint pada bagian puting yang lecet.

7. Membantu Meringankan Pilek

Kandungan mentol atau dekongestan aromatik alami pada daun mint ternyata dapat membantu dalam memecah dahak dan lendir. Hal tersebut menyebabkan dahak dan lendir lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Lebih dari itu, kandungan mentol juga berkhasiat dalam mendinginkan serta meredakan sakit tenggorokan.

Daun minta yang mungkin selama ini sobat sepelekan, ternyata menyimpang segudang manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lewatkan juga, tips membersihkan spons makeup dengan mudah dan efektif.