Cara Mengatasi Motor Hilang Kompresi dengan Mudah Tanpa ke Bengkel

Cara Mudah Mengatasi Motor Hilang Kompresi Tanpa ke Bengkel

Tips bagaimana cara mudah untuk mengatasi permasalahan kompresi motor yang hilang tanpa perlu ke bengkel, sehingga kendaraan sobat akan kembali normal. Kenali juga penyebab motor kehilangan kompresi agar sobat dapat meminimalisirnya agar tidak mengalaminya.

Kompresi Motor

Sobat sprosika.com yang budiman, kompresi adalah sebuah sistem yang ada dalam mesin yang memiliki fungsi sangat penting bagi kendaraan, part atau komponen mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga pada kendaraan. Apabila kompresi mesin bekerja dengan optimal, tentunya sistem yang ada di dalamnya pun tidak akan mengalami kerusakan ataupun kebocoran.

Penyebab Kompresi Bermasalah

Namun, apabila kompresi mesin mengalami permasalahan seperti kurangnya tenaga atau tidak ada kompresi, maka hal semacam ini akan membuat semburan yang sudah di hasilkan oleh tenaga stabilitas mesin menjadi tidak maksimal. Sehingga apabila permasalahan ini terjadi, maka kendaraan akan kekurangan performa dan tentunya akan mengakibatkan tenaga pada kendaraan tersebut menjadi lemah dan juga tidak stabil ketika di kendarai.

Selain itu, dengan adanya masalah seperti ini juga bakal membuat tenaga dan performa dari mesin motor yang di kendarai menjadi knocking serta pincang. Di samping itu, ada beberapa penyebab lain yang membuat motor menjadi kehilangan kompresi, di antaranya yaitu seperti mesin motor akan kehilangan tenaga dan juga akan menbuat mesin motor mengeluarkan bunyi suara knocking.

Simak Juga: Ciri dan Tanda Kampas Rem Mobil Sudah Habis dan Perlu Segera Diganti

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui permasalahan seperti hilangnya kompresi pada motor? Tenang sobat tidak perlu bingung, sobat dapat memakai compression tester agar sobat dapat mengetahui apakah kompresi pada motor sobat hilang atau tidak.

Apabila sobat melihat dari berbagai permasalahan di atas, sepertinya ada beberapa penyebab motor kehilangan kompresi, antara lain seperti lengketnya pada bagian komponen ring piston, kemudian pada bagian katup dan intake ataupun exhause valve tidak dapat munutup dengan sempurna. Lantas bagaimana cara untuk mengatasinya?

Mengatasi Motor Hilang Kompresi

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membrikan tipsnya untuk sobat semua, silakan sobat bisa simak ulasannya berikut ini.

Untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, silakan sobat siapkan beberapa peralatan seperti kunci busi maupun kunci nomer 18 serta cairan oli secukupnya. Kemudian, silakan sobat copot busi dengan memakai kunci nomor 18, lalu teteskan cairan oli secukupnya saja.

Setelah itu, silakan hidupkan motor sobat menggunakan kick stater bersamaan dengan menutup lubang busi dengan memakai jari. Lakukan langkah tersebut sebanyak 5 kali selahan (kick starter) atau seperlunya. Bila kompresinya dirasa sudah mulai membaik, hal ini akan ditandai dengan selahan yang cukup berat. Nah, jika sudah silakan sobat pasang lagi busi ke tempat awalnya.

Menurut beberapa ahli mekanik, keberadaan oli ini akan menjadi kerak di bagian ruang bakar, sehingga akan berubah menjadi larut dan pudar pada saat di hidupkan. Dan efek sampingnya adalah knalpot motor sobat akan keluar asap yang berwarna hitam karena disebabkan oleh cairan oli yang terbakar. Untuk menghilangkan asap tersebut, silakan sobat lakukan pemanasan hingga cairan oli tadi terbakar semua dan asap berubah warna menjadi putih.

Demikian sedikit tips dari kami mengenai cara mengatasi kompresi motor yang hilang dengan mudah. Semoga dengan apa yang telah kami berikan ini bisa menginspirasi sobat sprosika.com, serta dapat menjadi bahan referensi sobat ketika motor kesayangan sobat mengalami kehilangan kompresi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.