4 Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Sudah Habis dan Perlu Segera Diganti

Tanda Kampas Rem Mobil Habis dan Harus Diganti

Mengenal tanda dan gejala kanvas rem mobil yang sudah aus dan saatnya untuk diganti dengan yang baru, sehingga sobat dapat tetap berkendara dengan aman dan nyaman. Berjumpa lagi dengan kami blog yang selalu menghadirkan informasi-informasi terkini tentang berbagai tips dan inspirasi.

Sistem Pengereman

Dan kali ini kami akan memberikan sebuah informasi yang mungkin dapat berguna untuk sobat, yaitu tentang cara mengetahui ciri-ciri atau tanda kampas rem mobil sudah saatnya mau diganti. Sebagaimana yang sudah sobat ketahui bersama, bahwa setiap kendaraan tentu sudah menggunakan sistem pengeremannya masing-masing, entah itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Dengan adanya sistem pengereman pada sebuah kendaraan, tentunya sobat bisa dengan mudah mengendalikan laju kendaraan walaupun dalam keadaan darurat.

Di samping itu, keberadaan sistem pengereman pada kendaraan juga mesti sobat perhatikan dengan baik dan benar. Jangan sampai kampas yang terdapat pada sistem pengereman telah habis sobat diamkan begitu saja.

Pasalnya, jika kampas rem ini telah melebihi daya tahan atau batas usia bahkan habis, maka akan berdampak pada proses pengereman yang tidak sempurna. Selain itu, juga akan sangat membahayakan sobat sebagai pengemudi sebab akan mengakibatkan rem blong yang bisa beresiko sangat fatal.

Lebih dari itu, kampas rem yang telah habis juga dapat mengakibatkan kerusakan pada part atau komponen rem lainnya, seperti pada bagian piringan cakram rem. Sebenarnya kerusakaan yang terjadi pada sistem pengereman sendiri bisa sobat rasakan pada saat mengendarainya.

Namun, bagi orang yang baru menyetir mobil atau atau para pemula, biasanya mereka tidak tahu-menahu dengan permasalahan pada sistem rem. Oleh karena itu, di sini kami akan memberikan beberapa tips tentang cara mengetahui ciri-ciri kampas rem mobil yang sudah habis.

Tanda Kampas Rem Harus Diganti

Nah, untuk lebih jalasnya mari sobat simak ulasannya di bawah ini tentang ciri dan tanda kanvas rem mobil yang sudah aus serta saatnya untuk segera diganti.

1. Kedalaman Rem

Jika kampas rem pada mobil yang sobat miliki sudah mulai habis, tentunya pada saat sobat melakukan proses pengereman sobat akan merasakan pijakan rem mobil yang sepertinya sudah mulai menjauh jika dibandingkan dengan biasanya. Hal semacam ini adalah ciri-ciri atau tanda awal dan juga dapat dengan mudah di kenali ketika kampas rem mobil sudah mulai berkurang atau habis.

2. Rem yang Bergetar

Biasanya, kanvas rem mobil yang sudah mulai berkurang akan mengeluarkan getaran pada bagian rem pada saat sobat mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi dan kemudian sobat melakukan pengereman secara mendadak. Getaran tersebut umumnya terjadi karena kampas rem yang sudah mulai habis dan disebabkan karena mempunyai permukaan yang tidak rata. Sehingga pada saat mencengkram piringan cakram rem, maka menjadi tidak maksimal dan hal semacam inilah yang dapat menimbulkan getaran pada rem mobil.

3. Muncul Suara saat Pengereman

Apabila kampas rem sudah mulai habis, tentunya hal seperti ini akan mengeluarkan bunyi atau suara seperti gesekan logam pada saat sobat melakukan pengereman. Karena, kampas rem yang sudah habis tersebut hanya menyisakan bagian besinya saja dan pada saat sobat melakukan pengereman, dengan demikian maka besi tersebut akan bergesekan bersaman dengan piringan cakrem rem. Hal semacam inilah yang menyebabkan munculnya bunyi atau suara pada saat pengereman terjadi.

4. Minyak Rem

Nah, untuk dapat mengetahui kampas rem mobil yang sudah habis, sobat dapat mendeteksi dari minyak rem yang turun namun hal ini bukan masalah dari kebocoran. Karena kampas rem yang sudah terkikis atau berkurang harus di lakukan pergantian dengan yang baru, setelah kampas rem mobil sudah diganti dengan yang baru pastinya minyak rem tersebut tidak akan turun lagi.

Sobat sprosika.com, itulah sedikit informasi tentang gejala, ciri dan tanda kampas rem mobil sudah habis yang dapat kami sampaikan untuk sobat semua. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan sobat serta dapat menjadi gambaran untuk sobat yang mungkin belum mengetahui cara mengetahui ciri-ciri kampas rem yang sudah aus.