3 Ide Usaha dan Peluang Bisnis untuk Pelajar SMA, Buat Tambahan Uang Jajan

Ide Usaha dan Peluang Bisnis untuk Pelajar SMA

Sobat yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar SMA, setiap masuk sekolah biasanya dibekali uang saku untuk jajan ataupun makan siang di sekolah. Namun masalahnya, terkadang tidak semua siswa membawa uang saku yang cukup mengingat kondisi perekonimian setiap orang tua siswa berbeda-beda.

Mungkin saja banyak diantara teman sobat atau justru sobat sendiri yang jarang mendapatkan uang saku mengingat keadaan ekonomi keluarganya yang pas-pasan. Sehingga ketika anak lainnya asyik jajan atau nongkrong di warung, sobat hanya bisa gigit jari.

Untuk mengatasi hal semacam itu tanpa menyusahkan orang tua, maka sobat bisa mencoba “menghasilkan uang” sendiri secara mandiri sehingga paling tidak nantinya dapat menambah uang jajan sobat. Syukur-syukur bisa membantu orang tua dalam mencukupi kebutuhan sekolah sobat.

Ide Usaha dan Peluang Bisnis untuk Pelajar SMA

Namun cara menghasilkan uang bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan jika sobat masih blank, tidak memiliki ide sama sekali. Bagaimana mau menghasilkan pemasukan jika tidak tahu apa yang harus sobat kerjakan. Namun sobat tidak perlu cemas, karena kami akan memberikan beberapa ide bisnis atau peluang usaha yang bisa sobat coba guna mendapatkan keuntungan secara finansial meskipun jumlahnya nanti masih cukup kecil.

SIMAK JUGA: Ide Bisnis yang Berpotensi Membuat Pelakunya Cepat Kaya, Tertarik Mencobanya?

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang bisa sobat kerjakan sebagai pelajar Sekolah Menengah Atas.

1. Jualan Makanan Kecil dan Camilan

Untuk memulai usaha jualan makanan kecil ataupun cemilan sobat tidak perlu membuatnya sendiri. Sobat cukup mencari produsen atau orang yang memiliki usaha semacam itu, dan coba tawarkan diri sobat untuk membantu jualan. Biasanya sobat akan mendapatkan harga khusus yang berbeda dengan harga pasaran. Atau bisa juga sobat me-markup harga sebagai selisih keuntungan dari harga aslinya.

Misalnya ada camilan yang harga dari produsen Rp 3.500 per bungkus, bisa sobat jual Rp 5.000. Coba sobat hitung, jika dalam sehari sobat bisa menjual 10 bungkus saja, sobat sudah mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 15.000. Sangat menarik kan sobat?

Sobat bisa menjajakan camilan tersebut kepada teman-teman sekolah sobat, bisa juga melalui WA dan sosmed lainnya seperti FB, IG, twitter dll.

2. Jualan Pulsa dan Paket Data

Hampir setiap anak SMA saat ini memiliki ponsel. Nah sobat, jika sobat jeli maka hal ini adalah sebuah pangsa pasar yang sangat potensial. Sobat bisa memanfaatkan momen ini untuk jualan pulsa dan paket data di sekolahan. Caranya sobat tinggal kerja sama dengan pihak konter atau penjual pulsa dan sobat membantu menjualkannya. Keuntungannya mungkin tidak besar, namun jika sobat tekuni maka bisa buat tambahan yang jajan atau beli pulsa sendiri. Dan sobat pun akan semakin kenal dan dekat dengan teman-teman sekolah sobat.

3. Menjadi Affiliate Marketer secara Online

Mungkin bagi sebagian sobat pengunjung blog ini, peluang usaha ini masih cukup asing. Singkatnya, affiliate marketer adalah orang yang menjualkan produk orang lain kemudian mendapatkan komisi atau persenan. Produk tersebut bisa berupa ebook, buku, kosmetik dan lainnya.

Kita ambil contoh, misalnya sobat ingin menjadi affiliate marketer ebook, dan komisi yang berikan adalah 10% dari harga ebook. Sobat tinggal mencari penjual ebook yang membuka program afiliasi, kemudian sobat mendaftarkan diri untuk menjadi marketer dari produk tersebut. Setelah akun sobat disetujui, maka sobat bisa menawarkan ebook tersebut secara online melalui blog, akun sosmed, dll.

Misalnya ebook tersebut seharga Rp 50.000, maka setiap berhasil menjual 1 ebook sobat akan mendapatkan komisi sebesar Rp 5.000. Bila dalam sebulan sobat berhasil menjual ebook kepada 100 orang, maka potensi penghasilan sobat sudah mencapai Rp 500.000 sebulan. Wew.., tentu saja ini adalah angka yang cukup besar bagi pelajar SMA.

Sebenarnya masih banyak ide bisnis dan peluang usaha yang bisa sobat lakukan sebagai pelaar SMA. Namun kalau terlalu banyak malah bisa membuat sobat bingung dan tidak segera action. Karena yang dibutuhkan setelah mendapatkan ide adalah sobat sebaiknya segera beraksi, memulai usaha sebelum niat sobat menjadi layu gara-gara bimbang dan ragu-ragu.