Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Tarikan Motor Matik yang Berat

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Tarikan Motor Matik yang Berat

Tips bagaimana cara mudah untuk mengetahui berbagai penyebab tarikan motor matic menjadi berat dan solusi untuk mengatasinya, sehingga sobat tidak perlu mengandalkan mekanik ataupun bengkel. Salah satu jenis speda motor yang sekarang ini masih banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia adalah motor matic.

Skuter Matik

Tidak bisa dipungkiri lagi, keberadaan skuter matic (skutik) ini telah menjadi idola bagi kaum muda maupun tua, karena motor yang satu ini memiliki tampilan desain yang begitu unik dan juga aerodinamis. Dengan memiliki body yang tidak telalu besar serta memiliki banyak pilihan yang bervariasi, membuat skuter matic ini menjadi daya tarik tersendiri bagi semua masyarakat yang ingin mengendarainya.

Selain itu, motor matic ini juga mempunyai keunggulan sendiri jika dibandingkan dengan jenis motor-motor yang lainnya. Dan salah satu yang menjadi kunggulan dari motor matic ini adalah sobat tidak perlu ribet-ribet dalam mengoperasikan gigi atau transmisi, karena motor matic ini lebih mudah untuk digunakan.

Baca juga: Cara Mengatasi Motor Hilang Kompresi dengan Mudah Tanpa ke Bengkel

Namun, selain memiliki keunggulan seperti yang sudah dijelaskan di atas, ternyata motor matic ini juga memiliki salah satu kekurangan atau kelemahan pada tarikan gasnya. Seperti yang sobat tahu, bahwa motor matic ini sering mengalami permasalahan seperti tarikan gas yang cukup berat, baik itu motor matic baru ataupun motor matic lama.

Hal semacam ini tentu membuat sobat menjadi kesal, karena motor yang sobat gunakan tidak berjalan dengan sempurna. Permasalahan seperti tarikan gas yang sangat berat, mungkin kerap kali dialami oleh banyak para pengguna sepeda motor, terutama para pengguna motor matic.

Penyebab Tarikan Motor Matic Menjadi Berat

Nah, pada pertemuan kali ini kami akan berbagi informasi tentang penyebab dan juga cara mengatasi permasalahan tarikan motor matic yang berat. Dan bagi sobat yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengatasinya, mungkin pada tips yang kami berikan ini bisa menjadi inspirasi bagi. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Sebagai pemilik atau pengguna motor matic, ada beberapa hal yang harus sobat ketahui terlebih dahulu yaitu bagaimana cara kerja mesin pada motor matic ini. Sebenarnya, dalam sebuah kehidupan pada mesin motor ini terdiri dari tiga komponen penting, di antaranya seperti kelistrikan, kompresi mesin dan juga bahan bakar.

Cara Mengatasi Tarikan Motor Matic yang Berat

Jika tarikan motor matic terasa berat, hal ini disebabkan oleh salah satu dari komponen tersebut mengalami kerusakan atau bisa juga ke tiga komponen tersebut rusak.

Jangan Lewatkan: Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Sudah Habis dan Perlu Segera Diganti

Nah, untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, sobat bisa memeriksa terlebih dahulu ketiga komponen penting pada motor itu.

1. Cek Kompresi Mesin

Pertama, silakan cek atau periksa pada bagian kompresinya, apakah kompreso mesinnya lebih tinggi atau tidak. Apabila motor matic sobat pernah mengalami turun mesin, sebaiknya sobat ganti klep dan juga pistonnya dengan yang baru, kemudia sobat normalkan kembali seperti semula. Namun, bila klep dan piston masih dalam keadaan bagus, maka masalah tersebut disebabkan oleh hal-hal lainnya.

2. Cek Saluran Bahan Bakar

Selanjutnya, silakan sobat cek pada bagian saluran bahan bakar. Masalah tarikan motor matic berat ini biasanya terjadi karena disebabkan oleh saluran bahan bakar yang terdapat sumbatan-sumbata, sehingga tarikan motor matic terasa berat. Kemudian periksa juga bagian karburatornya, silakan sobat cek apakah setelannya masih oke atau tidak, kemudian periksa bahan bakar dan campuran udaranya masih bagus atau tidak. Karena, dengan melakukan beberapa langkah tersebut sobat dapat mengatasi komponen motor yang mengalami masalah.

3. Cek Bagian Lainnya

Untuk pengecekan yang terakhir yaitu pada bagian sistem penggerak dan aksesoris, misalnya seperti V-belt ataupun kabel gas. Bisa jadi tarikan motor menjadi berat di sebabkan karena V-belt atau kabel gasnya mengalami kerusakan, dan jika kedua komponen tersebut memang mengalami kerusakan atau bermasalah sebaiknya sobat ganti V-belt dan juga kabelnya dengan yang baru untuk mengatasinya.

Nah sobat penggila otomotif, itulah sedikit tips mengenai penyebab dan cara mengatasi tarikan motor matic yang berat yang dapat kami bagikan untuk sobat semuanya. Terima kasih telah mengunjungi blog kami.