Pengertian Drama Menurut Para Ahli, Struktur, Unsur dan Cirinya

Definisi Pengertian Drama Struktur Unsur Ciri

Materi bahasa indonesia kali ini akan membahas mengenai arti drama lengkap dengan pengertian, jenis, unsur, ciri dan strukturnya. Kata drama kelihatannya memang tidak asing diteling sobat semua, namun drama yang akan kita bahas kali ini mengenai suatu genre karya yang menampilkan sifat, watak kehidupan manusia. Dalam sekolah seni drama kolosal sering ditampilkan dalam setiap pertunjukan seni rupa, film pendek maupun wujud seni lainya.

Secara umum definisi drama menarik untuk kita bahas, sebab ada banyak materi drama yang harus kita pelajari seperti yang ada di rumuspelajaran.com mulai dari pengertian drama, unsur-unsur drama, jenis drama, ciri-ciri drama, struktur, tujuan, serta manfaat drama itu sendiri. Beruntun sobat dapat singgal di artikel ini karena akan dibahas lengkap mengenai hal tersebut.

Pengertian drama dapat diartikan menjadi dua yaitu secara umum dan menurut para ahli yang akan kita terangkan sebentar lagi. Sedangkan dilihat dari jenisnya drama terbagi menjadi tiga bagian yaitu penyajian kisah sarana dan berdasarkan keberadaan teks naskah. Dalam pembagian jenis drama juga akan terbagi menjadi beberapa bagian yang bisa sobat baca sebentar lagi.

Kemudian dalam artikel ini menerangkan pula unsur-unsur drama, ciri-ciri drama, struktur teks drama, tujuan drama dan manfaatnya yang biasanya diajarkan pada mahasiswa yang mengambil jurusan seni perfilman maupun seni. Pertunjukan drama merupakan karangan yang menggambarkan suatu kehidupan serta watak manusia dalam berperilaku yang dipentaskan dalam beberapa babak.

Pengertian Drama

Pertama kami akan menerangkan drama menurut wikipedia, Drama merupakan genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan. Kisah dan cerita dalam drama memuat konflik dan emosi yang secara khusus ditujukan untuk pementasan teater.

Pelajarai Juga: Tips Ampuh Mengingat Rumus Matematika dan Fisika Tanpa Harus Menghafalkan

Pengertian Drama Menurut Para Ahli

Berikut ini penjelasan drama menurut para ahli yang sudah kami kutip dari berbagai sumber :

Balthazar Vallhagen

Drama merupakan seni yang menggambarkan alam dan sifat manusia dalam gerakan.

Ferdinand Brunetierre

Drama harus melahirkan keinginan oleh aksi atau gerakan.

Moulton

Drama ialah kisah hidup digambarkan dalam bentuk gerak (disajikan langsung dalam tindakan).

Budianta

Drama adalah genre sastra yang menunjukkan penampilan fisik secara lisan setiap percakapan atau dialog antara pemimpin di sana.

Seni Handayani

Drama merupakan wujud komposisi berdasarkan dua cabang seni, seni sastra dan seni pertunjukan sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

Wildan

Drama merupakan komposisi berdasarkan beberapa cabang seni, sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

Tim Matrix Media Literata

Drama adalah bentuk narasi yang menggambarkan kehidupan dan alam manusia melalui perilaku (akting) yang dipentaskan.

Anne Civardi

Drama ialah sebuah kisah yang diceritakan melalui kata-kata dan gerakan.

Struktur Drama

Ada 3 struktur saja dalam pembuatan drama yaitu :

  • Prolog (adegan pembukaan)
  • Dialog (percakapan)
  • Epilog (adegan akhir atau penutup)

Unsur-Unsur Drama

Berikut ini akan kami haturkan beberapa unsur dalam pementasan atau pembuatan drama diantaranya:

  • Tema adalah ide pokok atau gagasan utama sebuah cerita drama
  • Alur yaitu jalan cerita dari sebuah pertunjukkan drama mulai babak pertama hingga babak terakhir
  • Tokoh drama atau pelaku drama terdiri dari tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama atau peran utama disebut primadona sedangkan peran pembantu disebut figuran
  • Watak adalah perilaku yang diperankan oleh tokoh drama. Watak protagonis adalah watak (periku) baik yang diperankan oleh tokoh drama, contohnya : penyabar, kasih sayang, santun, pemberani, pembela yang lemah, baik hati dan sebagainya. Sedangkan watak antagonis adalah watak (perilaku) jahat yang diperankan oleh tokoh drama, contohnya : sifat iri dan dengki, kejam, penindas dan sebagainya
  • Latar atau setting adalah gambaran tempat, waktu dan situasi peristiwa dalam cerita drama
  • Amanat drama adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada penonton. Amanat drama atau pesan disampaikan melalui peran para tokoh drama.

Ciri-Ciri Drama

Nah, berikut ini adalah ciri yang ada dalam sebuah drama diantaranya harus menyangkut beberapa yaitu:

  • Harus ada konfliks
  • Harus ada aksi
  • Harus dilakonkan
  • Tempo masa kurang daripada 3 jam
  • Tiada ulangan dalam satu masa

Jenis-Jenis Drama Indonesia

Selanjutnya sobat perlu mengetahui beberapa jenis drama yang sering digunakan yaitu tergantung dari dasar yang dipakainya. Berikut ini pembagian jenis drama yaitu ada tiga dasar berdasarkan penyajian lakon drama, berdasarkan sarana, dan berdasarkan keberadaan naskah drama. Nah, dibawah ini kami akan memberikan ulasan penyajian lakon drama dapat dibedakan menjadi delapan jenis :

  • Opera: drama yang dialognya dinyanyikan dengan diiringi musik.
  • Tragedi: drama yang penuh dengan kesedihan
  • Komedi: drama penggeli hati yang penuh dengan kelucuan.
  • Tragekomedi: perpaduan antara drama tragedi dan komedi.
  • Farce: drama yang menyerupai dagelan, tetapi tidak sepenuhnya dagelan.
  • Tablo: jenis drama yang mengutamakan gerak, para pemainnya tidak mengucapkan dialog, tetapi hanya melakukan gerakan-gerakan.
  • Melodrama: drama yang dialognya diucapkan dengan diiringi melodi/musik.
  • Sendratari: gabungan antara seni drama dan seni tari.

Itulah ulasan singkat mengenai pengertian drama, struktur, unsur, jenis dan cirinya semoga bisa menambah ilmu pengetahuan ya.